Sabtu, 21 Mei 2011

Mengendalikan Suasana Hati


Tekanan jiwa adalah perasaan bahwa hidup tanpa harapan, tidak ada obatnya dan tidak ada apapun yang benar-benar penting. Kita pastinya pernah mengalami saat-saat ketika kita merasahopeless tentang masa depan. Apakah anda tahu bahwa anda dapat mengendalikan suasana hati anda?

Coba pikirkan tiga hal berikut ini.

Pertama; ingatlah bahwa semua tekanan jiwa dilandasi oleh kemarahan dan sebagian besar kasus kemarahan ditujukan pada seorang individu. Periksalah bank memori anda. Kalau anda merasa marah atau merasa getir kepada satu orang atau bahkan lebih, temui mereka, katakan bahwa anda memaafkan mereka dan mintalah mereka memaafkan anda.


Kedua; hiduplah yang teratur. Susunlah daftar apa yang harus dilakukan dan buatlah diri anda terorganisir. Setiap tugas yang terselesaikan akan membuat anda merasa lebih baik.

Ketiga; berusahalah menolong seseorang. Seorang ahli dari Kansas mengatakan bahwa jika anda merasa keruntuhan jiwa datang, anda harus mencari seseorang yang punya masalah dan bantulah dia maka masalah anda sendiri akan sering terpecahkan. Karena kebahagiaan adalah minyak wangi yang tidak bisa anda berikan kepada orang lain tanpa anda sendiri terkena beberapa tetesannya.


 

 (terjemah bebas dari Steps to the Top ; the series by Zig Ziglar) Rahmah Hasjim, Jakarta, Agustus 2008

Ditulis Oleh : Adamang Gaji // Sabtu, Mei 21, 2011
Kategori:

0 komentar:

Poskan Komentar

 
" Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, SALAM KENAL "
Diberdayakan oleh Blogger.